Ucapan Turut Berduka Cita Islami Baik Laki-Laki Atau Perempuan

Ucapan turut berduka cita islami merupakan ungkapan bela sungkawa atas berpulangnya seorang hamba kehadiran ilahi robbi. Di dalam Islam ucapan ini bukan sekedar ungkapan biasa. lebih dari sekedar itu di dalam Islam Ucapan Turut Berduka Cita merupakan doa untuk almarhum atau almarhummah.

Berpulangnya seseorang adalah peristiwa yang sangat berat bagi orang-orang yang ditinggalkan, baik itu keluarga, teman dan handai tolan. Terlebih lagi untuk orang-orang yang dicintai. Dalam Islam, kematian adalah awal dari “kehidupan” lain setelah kehidupan di dunia. Kematian adalah berpindahnya alam dunia menuju alam akhirat. justru ini adalah kehidupan yang kekal dan abadi.

Bagi Almarhum atau almarhummah setelah kematian di alam dunia semuanya telah usai. Segala sesuatu yang telah dilakukan selama hidup didunia akan mendapat ganjaran di akhirat kelak. Namun demikian ada tiga hal yang tidak akan terputus yaitu amal jariah, anak yang sholeh dan ilmu yang bermanfaat.

Berkaitan dengan doa. Di sinilah islam mengajarkan bahwa ucapan turut berduka cita islami mengandung doa untuk si mayit. sedangkan ucapan menghibur adalah untuk orang yang ditinggalkan. Untuk itulah kami merangkum bebarapa ucapan yang dapa diucapkan dalam rangka turut berduka cita sesuai dengan ajaran Islam.

Beberapa Contoh Ucapan Turut Berduka Islam Bahasa Arab

Ucapan Turut Berduka Cita Islam
Ucapan Turut Berduka Cita Islam

Seperti yang telah disinggung di awal bahwasanya Ucapan belasungkawa dalam Islam bukan hanya sekedar ucapan turut berduka cita dan ungkapan belasungkawa saja.

Namun lebih dari sekedar itu ucapan adalah doa untuk almarhum atau almarhummah. Serta menghibur keluarga yang ditinggalkan Berikut contohnya:

Ucapan Turut Berduka Cita Islam Untuk Ibu Teman

Adapun contoh ucapan turut berduka cita islam untuk ibu teman adalah seperti dibawah ini :

  1. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya “nama almarhumah”. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya.
  2. Saya turut berduka cita atas kepergian “nama almarhumah”. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.
  3. Kematian adalah kepastian, tetapi tetap sulit untuk diterima. Saya berduka cita yang mendalam atas kepergian “nama almarhumah”]. Semoga Allah SWT memberikan ketenangan hati kepada keluarga yang ditinggalkan.
  4. Saya sangat sedih mendengar berita tentang meninggalnya “nama almarhumah”. Semoga Allah SWT memberikan pengampunan dan tempat yang terbaik di sisi-Nya.
  5. Meninggalnya “nama almarhumah” adalah kerugian
    besar bagi kita semua. Saya turut berduka cita dan berharap keluarga
    yang ditinggalkan dapat menemukan ketenangan dan kekuatan di sisi Allah
    SWT.
  6. Allah SWT memberikan, dan Allah SWT mengambil. Saya turut berduka cita atas kepergian “nama almarhumah”, dan berdoa agar Allah SWT memberikan keluarga yang ditinggalkan ketenangan hati dan kesabaran.

Ucapan Turut Berduka Cita Islam Untuk Perempuan

Adapun contoh ucapan turut berdukacita islam untuk perempuan adalah seperti dibawah ini :

  1. Dalam kesedihan yang mendalam, saya ingin mengucapkan turut berduka cita atas kepergian “nama almarhumah”. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik di surga-Nya.
  2. Kita semua berduka cita atas kepergian “nama almarhumah“. Semoga Allah SWT memberikan pengampunan dan memberikan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.
  3. Saya ingin mengucapkan turut berduka cita yang sebesar-besarnya atas meninggalnya “nama almarhumah”. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik di surga-Nya.
  4. Kita semua akan merindukan kehadiran “nama almarhumah“.
    Saya turut berduka cita atas kepergian beliau, dan berdoa agar Allah
    SWT memberikan kekuatan kepada keluarga yang ditinggalkan.
  5. Saya turut berduka cita atas kepergian “nama almarhumah“. Semoga Allah SWT memberikan tempat yang terbaik bagi beliau di sisi-Nya.
  6. Meninggalnya “nama almarhumah” meninggalkan
    kesedihan yang mendalam. Saya turut berduka cita dan berdoa agar
    keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan oleh Allah SWT.

Ucapan Turut Berduka Cita Islam Untuk Ayah Teman

Adapun contoh ucapan turut berduka cita islam untuk ayah teman adalah sebagai berikut :

  1. Allah SWT menciptakan manusia dari tanah dan akan kembali ke tanah. Saya turut berduka cita atas kepergian “nama almarhum”, dan berdoa agar Allah SWT memberikan tempat yang terbaik bagi beliau di surga-Nya.
  2. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke rahmatullah, semoga Allah mengampuni segala dosanya dan menjadikan “nama almarhum” sebagai ahli surga.
  3. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.
  4. Al-Fatihah untuk almarhum/ah “nama almarhum” yang telah kembali ke Rahmatullah. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya dan menempatkannya di sisi-Nya yang paling mulia.
  5. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan bagi keluarga “nama almarhum” untuk menghadapi kehilangan yang begitu berat ini.
  6. Kami turut berduka cita atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan tempat yang layak di sisi-Nya dan memberikan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.
  7. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke rahmatullah “nama almarhum”, semoga Allah SWT mengampuni segala dosanya dan menjadikannya sebagai ahli surga.

Ucapan Turut Berduka Cita Islam Untuk Laki-Laki

Adapun contoh ucapan turut berdukacita islam singkat adalah sebagai berikut :

  1. Kami ikut berduka cita atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkan.
  2. Telah berpulang ke Rahmatullah “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan tempat yang baik di sisi-Nya dan memberikan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.
  3. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan ketabahan bagi keluarga yang ditinggalkan.
  4. Telah berpulang ke Rahmatullah “nama almarhum”, semoga Allah SWT mengampuni dosanya dan memberikan tempat yang layak di sisi-Nya.
  5. Kami turut berduka cita atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan.
  6. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan tempat yang layak di sisi-Nya dan memberikan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan.
  7. Kami turut berduka cita atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga Allah SWT mengampuni dosanya dan memberikan tempat yang layak di sisi-Nya.
  8. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Kami turut berduka cita atas meninggalnya “nama almarhum”, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan.

Itulah beberapa ucapan turut berduka cita islam yang bisa kalian
pakai apabila ada keluarga yang telah wafat. Mudah-mudahan artikel ini
bisa berguna untuk kita semua, dan kami berterimkasih kepada kalian yang
sudah membaca artikel ini sampai akhir.