Cara membuat Sei Sapi Khas NTT

Salah satu kuliner khas Nusa Tenggara Timur (NTT), sei, miliki banyak penggemar. Terbukti, Sei menjadi salah satu favorit lauk untuk menu catering kantoran. Sei khas NTT sesungguhnya berbahan dasar daging babi. Namun sekarang dapat dengan ringan mendapatkan penjaja sei sapi atau ayam di luar NTT. Sei adalah olahan daging yang dimasak dengan cara diasap didalam jangka kala yang lama.

 “Kalau dibakar namanya bukan sei, karena dalam bahasa NTT sei berarti asap, supaya daging sei wajib diasap dan dimasukkan kedalam tungku api,” papar Executive Chef Santika Mataram Lombok, Nyoman Putra Yasa, kepada Kompas.com, Senin (7/7/2020). Sei memiliki ciri khas rasa asap yang tidak dapat didapatkan dengan cara dibakar. Pada sistem pengasapan daging sei akan menyusut dan menghilangkan kandungan lemaknya. Maka berasal dari itu daging sei akan miliki tekstur yang padat.

Sei sendiri berasal berasal dari bahasa Rote yang bermakna daging iris tipis memanjang. Biasanya daging sei sendiri berbahan dasar memakai daging babi. Namun, kini banyak resto yang menyajikan kuliner sei halal gara-gara memakai daging sapi.

Biasanya sei sapi ini disajikan dengan sambal luat khas NTT. Namun kamu terhitung dapat berkreasi menyajikannya dengan beragam sambal. Tak hanya itu sei ini terhitung dapat dipadukan dengan tumis bunga pepaya atau tumis daun pepaya. Tentunya sei sapi ini sesuai dinikmati dengan nasi hangat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *