Cap cay, Tumis Sayuran Merakyat di Indonesia

Capcay sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Meski asal masakan ini berasal dari China. Hal itu bisa dilihat dari namanya dan peranakan yang sering mengolah masakan ini. Tetapi kini sudah menjadi bagian dari masakan masyarakat Indonesia.

Sehingga tidak sulit menemukan capcay. Karena masakan ini juga banyak dijual oleh pedagang makanan kaki lima di pinggir pinggir jalan. Biasanya capcay ini dijual menggunakan gerobak dorong bersamaan dengan nasi goreng dan mi goreng. Atau menjadi bagian dari menu catering kantoran jakarta.

Ada dua jenis capcay yang biasa disediakan oleh penjual. Yaitu capcay kering atau biasa disebut capcay goreng dan capcay basah. Cara memasaknya pun terbilang mudah dan cepat. 

Masuknya capcay ke Indonesia sendiri dibawa oleh para imigran yang berasal dari daerah Hokkian. Para imigran sendiri memasak capcay dipengaruhi berbagai hal seperti kondisi ekonomi, harga daging yang dirasa mahal, dan pengaruh Indonesia yang memiliki berbagai jenis sayuran.

Hal ini membuat capcay tidak memiliki pakem khusus jenis sayuran apa yang digunakan. Jenis sayuran apa saja bisa dicampurkan menjadi hidangan capcay. Di Indonesia sendiri, sayuran yang digunakan dalam pembuatan capcay pada umumnya adalah wortel, brokoli, kembang kol, sawi putih, sawi hijau, dan jagung muda.

Baca juga : How to Make Apem, One of Indonesia Most Famous Traditional Snacks

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *