5 Olahan Nasi Lezat Khas Nusantara

Nasi merupakan makanan pokok sehari-hari, lebih-lebih bagi masyarakat Indonesia. Nasi menjadi sumber karbohidrat utama daripada makanan lainnya. Dalam satu porsi nasi putih seukuran mangkuk (180 gram), setidaknya terdapat 50 gram karbohidrat.

Selain karbohidrat, nutrisi lain yang terdapat di dalam nasi putih pada lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium. Biasanya masyarakat menyantap nasi putih dengan aneka lauk pauk layaknya telur, ayam, daging, sayur dan lain sebagainya. Nasi juga dapat diolah menjadi berbagai makanan. Berikut beberapa olahan nasi nan lezat khas Indonesia;

  1. Nasi Liwet

Nasi Liwet punyai tekstur lebih lembut berasal dari nasi pada umumnya. Nasi liwet berasal berasal dari Solo. Rasanya gurih gara-gara kebanyakan dipadukan bersama dengan santan kental. Teksturnya yang lembut sesuai untuk menjadi menu sarapan.

  1. Nasi Langgi

Nasi Langgi juga olahan beras dari berasal dari Solo. Nasi Langgi ini dibumbui dengan rempah, santan dan asam Jawa. Untuk lauknya kebanyakan disempurnakan dengan kering kentang, telur dadar, bistik, sambal goreng ati, mentimun, ditaburi kerupuk udang, dan serundeng

  1. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng, yang dibuat berdasarkan nasi kuning, yakni nasi yang dimasak dengan kunyit adalah type hidangan yang familiar bagi orang Indonesia, terlebih yang berdomisili di Pulau Jawa. Makanan ini tetap tersedia di dalam acara perayaan selamatan atau syukuran.

  1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang berasal dari Cirebon. Ciri utama Nasi Jamblang ini adalah pemanfaatan daun jati sebagai pembungkusnya. Biasanya, Nasi Jamblang ini dimakan secara prasmanan.

  1. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah salah satu menu sarapan yang banyak dicari karena enak dan nikmat. Ternyata ini merupakan makanan khas Betawi. Cara pembuatannya, beras dipadukan dengan santan kelapa. Dikonsumsi nasinya saja sudah sangat gurih, ditambah lauk pauk lengkap membuatnya makin istimewa.

Baca juga : Enam Jenis Nasi Tumpeng Khas Indonesia dari Berbagai Daerah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *