Jenis Layanan ISP, Masalah yang Dihadapi ISP, dan Tips memilih ISP

Layanan Internet service adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia internet kepada konsumen berdasarkan kebutuhan, apakah itu untuk industri atau untuk perorangan. Setidaknya di Indonesia layanan ISP dibedakan menjadi lima jenis. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

  • Dial-Up Connection

Dial-up connection adalah layanan yang paling banyak dan sering digunakan di Indonesia. Terutama untuk bisnis yang berskala kecil hingga menengah. Contohnya pengusaha bisnis warung internet atau warnet. Di sini konsumen atau pengguna tidak dibebani biaya secara terus menerus, tetapi pada saat mereka terhubung di jaringan internet. Dial-up connection menggunakan modem atau kabel telepon untuk dapat terhubung ke internet.

  • Dedicated Connection

Layanan ISP jenis ini juga umum dipilih oleh masyarakat. Dimana jenis ini memiliki sifat yang menetap yakni pengguna atau konsumen bisa terhubung dengan internet selama 24 jam 7 hari penuh. Perusahaan besar yang memiliki karyawan, tugas dan komputer dalam jumlah yang cukup banyak. Contohnya dalam sebuah rumah sakit serta pelayanan publik lainnya.

  • Internet Hotspot

Berbeda dengan dial-up, internet hotspot tidak menggunakan kabel dalam terhubung dengan internet. Jenis ini banyak digunakan di tempat-tempat umum dan masyarakat yang membutuhkan akses internet dimana saja. Misalnya saja di kafe, bandara, taman kota, co-working space, dan tempat-tempat lainnya.

  • Internet Wireless

Internet wireless juga internet service yang tidak menggunakan kabel dalam penggunaannya dan tidak menggunakan biaya telepon. Biasanya biaya yang dikenakan adalah biaya pemakaian internetnya saja. Sehingga lebih murah dan ekonomis dari segi harga.

  • Internet Mobile Access

Terakhir adalah layanan internet mobile access. Seperti namanya, layanan ISP ini banyak digunakan oleh para pengguna khususnya peranti mobile atau smartphone. Pada umumnya, akses internet ini digunakan pada smartphone dengan layanan internet mulai GSM,CDMA, 3G maupun 4G.

Masalah yang dihadapi ISP

Menggunakan ISP untuk kebutuhan internet memang menjadi jawaban bagi perusahaan maupun perorangan. Namun, seiring perjalanannya ISP ini juga pernah mengalami beberapa permasalahan yang sering muncul. Pada umumnya adalah mengenai persoalan teknis dan berikut beberapa permasalahan tersebut:

  • Kesulitan akses internet meskipun statusnya internet connected. Dampaknya adalah lambatnya koneksi internet tersebut.
  • Masalah berikutnya adalah mengenai akses ISP yang disebabkan oleh server provider ISP tersebut down bahkan mati. Ini lebih disebabkan karena arus listrik tidak stabil sehingga berpengaruh pada pelayanan ISP.
  • Hal teknis yang juga dapat mengganggu kinerja ISP adalah adanya kabel jaringan yang terputus atau lepas sehingga mempengaruhi jaringan. Selain itu juga mengenai adapter yang tidak terhubung ke wireless network karena ada maintenance

Tips memilih ISP yang terpercaya

Masalah mengenai ISP tersebut terkadang tidak bisa dihindari, tetapi Anda bisa meminimalisirnya dengan menggunakan layanan ISP yang terpercaya. Untuk menentukan apakah ISP tersebut terpercaya atau tidak berikut tipsnya yang perlu diperhatikan.

  • Pilihlah ISP yang memiliki kecepatan tinggi dalam hal transfer data
  • Sebaiknya Anda pilih ISP yang dekat dengan lokasi dimana ANda berada. Hal ini dikarenakan semakin jauh lokasi ISP maka akan berpengaruh terhadap koneksi. Termasuk pula pelayanan ketika terjadi gangguan.
  • Pastikan ISP tersebut sudah memiliki izin operasi resmi dari lembaga terkait dan banyak digunakan oleh perusahaan besar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *