Kenali apa itu sistem ERP

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning yang berarti sebuah sistem terpadu yang mengelola seluruh sumber daya dalam perusahaan. ERP mencakup semua aspek dari proses bisnis yang ada di perusahaan seperti : marketing, manajemen prospek, manajemen pelanggan, penjualan, pembelian, stok barang, manajemen gudang, akuntansi, lowongan pekerjaan, sumber daya manusia, penggajian, manajemen proyek dan masih banyak lagi.

ERP adalah sistem yang terintegrasi dan terkait secara solid antara semua bagian dalam proses bisnis tersebut. Sistem ERP bisa berupa kumpulan software yang terpisah ataupun berupa satu sistem yang utuh yang menangani seluruh proses dari setiap bagian bisnis dan individu dalam bisnis tersebut.

Siapa yang memerlukan sistem ERP?

Secara teori sebenarnya hanya perusahaan besar yang membutuhkan sistem yang terintegrasi karena begitu kompleksnya proses bisnis yang ada di perusahaan besar. Namun saat ini akan lebih baik jika perusahaan bahkan yang baru merintis sekalipun sudah mulai mempertimbangkan untuk mengadopsi sistem ERP sejak awal untuk memudahkan migrasi data di kemudian hari.

Mengapa perusahaan lebih baik mengadopsi sistem ERP termasuk UKM?

Kami berpendapat untuk saat ini setiap perusahaan yang berniat serius untuk berkembang wajib menggunakan software inventory barang sejak awal karena penggunaan aplikasi terpisah misalnya aplikasi akuntansi, aplikasi kasir, aplikasi email marketing hanya akan memperburuk dan mengurangi efisiensi manajemen sumberdaya dalam perusahaan tersebut. Justru sebaiknya pengusaha baru pun menggunakan ERP sejak awal.

Manfaat menggunakan sistem ERP

  1. Integrasi. Inilah manfaat utama menggunakan sistem ERP, integrasi antar bagian dan antar individu dalam proses bisnis sangatlah penting. Contoh : ERP memudahkan integrasi antara marketing, sales dan juga akuntansi untuk mensinkronkan data penjualan hingga data posisi keuangan secara real time.
  2. Perencanaan. Sistem ERP juga mampu melakukan mengatur perencanaan yang lebih valid dan tersusun yang pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing perusahaan dan juga meningkatkan laba perusahaan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *